MPBEN FKIP USK Lakukan Benchmarking dengan Dua Universitas di Malang

MALANG – Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan sejenis studi banding (Benchmarking) dan juga kerjasama dengan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI), Universitas Malang (UM) Jawa Timur. Koordinator prodi MPBEN USK, Dr. Iskandar Abdul Samad dalam keterangan pers kepada AJNN, Rabu (27/7/2022) mengatakan Benchmarking yang dilakukan pihaknya berlangsung pada Senin 25 Juli 2022 lalu di Aula Gedung Fakultas Sastra Universitas Malang. Saat itu menurut Iskandar Abdul Samad dirinya sebagai koordinator prodi MPBEN USK duga dihadapan pihak Universitas Malang menyampaikan bahwa benchmarking ini bertujuan untuk meningkatkan performance kinerja prodi yang dipimpinnya saat ini.

“Benchmarking ke UM ini kami lakukan dalam upaya melakukan perubahan dalam tatanan manajemen menuju unggul. Keputusan ini kami ambil setelah kami melakukan evaluasi secara internal di kantor kami yang berkaitan dengan SDM, manajemen, dan pelayanan,” ujar Iskandar.

Menurut Iskandar, Prodi MPBEN USK ingin belajar banyak terhadap best practice yang diterapkan oleh MPBI UM dalam membantu mahasiswa kompeten dalam menulis thesis dan ujian thesis.

“Kami ingin belajar banyak tentang best practice yang dilakukan oleh supervisor thesis dan kebijakan yang diterapkan oleh pejabat prodi dalam peningkatan kompetensi mahasiswa saat proses penulisan thesis dan proses ujian akhir,” ujar Iskandar.

Sementara koordinator prodi Magister dan Doktoral Pendidikan Bahasa Inggris MPBI UM, Prof. Dr. Yazid Basthomi menyampaikan bahwa ada tiga best practice yang telah diterapkan pada prodi nya untuk membuat mahasiswa kompeten dalam penulisan thesis. Tiga hal tersebut yaitu, pertama tersedianya pelayanan dari tim percepatan publikasi. Kedua adalah pelayanan academic writing center di bawah balai bahasa fakultas sastra dan ketiga terbentuknya kelompok bidang kuliah. “Ada tiga hal tersebut dapat membantu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penulisan dan ujian thesis,” ujar Yazid.

Yazid Basthomi juga menyampaikan hal yang menarik yaitu MPBI UM memfasilitasi mahasiswa selesai thesis tepat waktu dengan program karantina.

Sehingga, proses pembimbingan dan penulisan thesis dapat fokus dalam waktu yang telah ditetapkan.

Hadir di acara Benchmarking Siti Muniroh, S.Pd., M.A., Ph.D (tenaga ahli bidang akademik), Yusnita Febrianti, Ph.D (Direktorat Akademik UM), koordinator kerjasama dalam negeri departemen sastra Inggris UM dan Dr. Saiful, (Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris USK).

Sumber:

https://www.ajnn.net/news/mpben-fkip-usk-lakukan-benchmarking-dengan-mpbi-fakultas-sastra-um/index.html

 

Berita tentang ini juga dapat anda baca di: